14.2.11

Sekilas Tentang Kloning Genetika

Secara etimologis, kloning berasal dari kata "clone" yang berasal dari bahasa yunani "klon", artinya potongan yang digunakan untuk memperbanyak tanaman. Kata ini di gunakan dalam dua pengertian, yaitu
(1) klon sel yang artinya menduplikasi sejumlah rek dari sebuah rek yang memiliki sifat-sifat genetika identik,
(2) Klon gen atau molekular, artinya sekelompok salinan gen yang bersifat identik yang direplikasi dari satu gen dimasukkan dalam sel inang.
Menurut terminologis, kloning adalah proses pembuatan sejumlah besar sel atau molekul yang seluruhnya identik dengan sel atau molekul asalnya. Kloning dalam bidang genetika merupakan replikasi segmen DNA tanpa melalui seksual. Itulah sebabnya kloning juga di kenal dengan istilah rekombinasi DNA. Tehnologi ini membuka peluang baru dalam mengubah fungsi dan perilaku makluk hidup sesuai dengan keinginan dan kebutuhan manusia.
Metode kloning berbeda dengan pembuahan biasa, karena sel telur tidak lagi memerlukan sel sperma untuk pembuahannya. Secara sederhana dapat di sebutkan bahwa bayi "klon" di buat dengan mempersiapkan sel telur yang sudah diambil intinya kemudian digabungkan dengan sel donor yang merupakan sel dewasa dari suatu organ tubuh. Hasil gabungan tersebut berkembang dalam rahim sampai lahir.
Secara teoritis, melalui teknik kloning kelahiran seseorang bayi tidak lagi memerlukan sperma ayah. Bahkan, seseorang perempuan dapat mempunyai anak tanpa melalui ikatan perkawinan. Demikian juga seseorang lelaki apabila ingin punya anak tidak perlu beristri. Cukup hanya memesan sel telur pada suatu firma, memberikan selnya dari salah satu organ tubuhnya dan kemudian menitipkan calon anaknya pada rahim seseorang wanita yang bisa jadi telah disediakan oleh firma tersebut.
Gambaran tersebut di atas belum bisa di sebut sebagai bentuk konkrit dari cara kerja kloning. Kloning yang di lakukan tidak resederhana itu, tetapi ia memiliki prosedur dan mekanisme yang sebenarnya cukup rumit untuk dijelaskan.
Sumber : http://www.raudlotuttolabah.com/2010/05/sekilas-tentang-kloning.html

No comments :

Post a Comment