12.2.11

Dibalik Sebuah Kerja Keras

Seseorang tentunya bekerja keras atau berusaha dalam hidup jika ada sesuatu yang ingin ditujunya atau sesuatu yang menjadi motivasinya. Seseorang tidak bekerja keras jika tidak memiliki sebuah motivasi dan belum tentu seseorang mempunyai motivasi akan bekerja keras dan semua itu tergantung dari pribadi seseorang.
Misalnya saja seseorang ingin menjadi seorang penulis yang sukses tentunya dia harus bekerja keras untuk mencapainya. Disini yang menjadi motivasi adalah untuk menjadi seorang penulis yang sukses dan untuk bisa mencapi tujuan itu tentunya kita harus bekerja keras. Sebuah motivasi tanpa kerja keras juga percuma begitu pula jika kita bekerja keras tetapi tanpa memiliki sebuah motivasi atau sesuatu yang ingin dicapai sama saja percuma karena kita tidak memiliki arah tujuan dalam hidup.
Kita ibaratkan saja jika kita bepergian mengendarai mobil dan kita tentunya punya tujuan hendak kemana dan kita juga harus tahu arah mana yang kita akan pilih. Kita anggap saja tujuan itu adalah tujuan hidup kita atau motivasi kita dan yang harus kita lakukan adalah berusaha untuk mencapai tujuan itu sama seperti dalam mengendarai mobil kita juga berusaha mencapai tujuan kita. Jika kita mengendarai mobil tentunya kita tidak mudah-mudah saja pergi ke tujuan kita, bisa saja kita terjebak kemacetan atau bahkan kita mengalami kecelakaan dalam perjalanan karena kita tidak hati-hati. Begitu pula dalam kita mencapai tujuan hidup kita jika kita tidak bekerja keras maka kita juga tidak bisa mencapai tujuan hidup kita dan jika kita juga tidak hati-hati atau salah arah dalam mencapai tujuan hidup kita tentunya kita akan gagal untuk mencapainya.
Dalam mencapai sebuah tujuan hidup tentunya kita juga jangan salah arah, sama seperti kita mengendarai mobil dalam mencapai tujuan kita tentunya tidak boleh salah arah karena kita akan tersesat dan begitu pula dalam hidup kita juga akan tersesat dalam menjalani hidup artinya kita tidak tahu apa yang harus kita lakukan selanjutnya dan kita tidak tahu seharusnya kita bagaimana dalam menjalani hidup.
Jangan juga bila kita memiliki sebuah motivasi dalam hidup kita tidak tahu harus berbuat apa. Misalnya motivasi kita dalam hidup adalah untuk menjadi seorang penulis yang sukses tetapi kita justru tidak tahu kita harus berbuat apa untuk menjadi seorang penulis dan karena kita tidak tahu yang harus kita lakukan kita malah diam saja dan tidak berbuat apa-apa. Yang harus kita lakukan adalah dengan mempunyai sebuah motivasi kita harus selalu berusaha, jika kita tidak tahu yang harus kita lakukan tentunya kita juga harus berpikir bagaimana langkah kita selanjutnya dan kita juga jangan malu-malu untuk bertanya pada orang yang lebih berpengalaman dalam menulis sehingga kita tahu apa yang kita lakukan. Sama seperti jika kita tersesat saat berpergian tentunya kita tidak bisa diam saja kita sebaiknya bertanya pada orang-orang yang lebih tahu agar perjalanan kita menjadi lancar dan kembali ke arah tujuan yang benar.
Selanjutnya dalam berusaha dan kita mempunyai motivasi tetapi kita mengalami kegagalan, yang harus kita lakukan bukan berhenti di tengah jalan, kitab harus tetap ingat tujuan kita dan motivasi kita mengapa kita berusaha. Begitu juga jika dalam berpergian dengan mengendarai mobil, mobil kita mogok di jalan, apakah kitab hanya berhenti saja dan tidak melakukan apa-apa? Tentu tidak dan yang kita lakukan adalah berusaha untuk membetulkan mobil kita dan jika kita gagal kita minta bantuan orang lain. Begitu juga dalam hidup jika kita gagal kita berusaha untuk menyelesaikannya sendiri dulu tetapi jika tidak bisa kita minta bantuan orang lain.
Itulah salah satu kunci kesuksesan kita dalam menjalani hidup, jika kita bekerja keras dalam hidup pasti dibaliknya kita memiliki suatu motivasi mengapa kita bekerja keras. Tinggal bagaimana kita berusaha apakah kita akan ingat dengan motivasi kita atau kita tidak ingat dengan motivasi kita? Jika kita selalu ingat akan motivasi kita mengapa kita bekerja keras maka jika kita gagal dalam berusaha tentunya kita tidak akan berhenti untuk berusaha dan justru menjadikan kegagalan itu sebagai motivasi baru kita agar kita tidak gagal lagi dan dapat mencapai kesuksesan dalam hidup.
Sumber : http://umum.kompasiana.com/2009/10/14/sebuah-motivasi-dibalik-sebuah-kerja-keras/

No comments :

Post a Comment